Categories: Uncategorized

√ √ 1.956 Peserta UM-PTKIN Lulus di UIN Ar-Raniry, PMB Lokal Dibuka hingga 10 Juli 2024 | Mio Kitchen


Peserta sedang mengikuti tes di UIN Ar-Raniry

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Banda Aceh — Sebanyak 1.956 calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2024 dinyatakan lulus di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman, mengungkapkan bahwa 1.956 calon mahasiswa tersebut akan mengisi formasi pada 28 program studi yang dikelola Kementerian Agama. Pengumuman hasil seleksi UMPTKIN 2024 ini diumumkan pada Senin, 8 Juli 2024 pukul 15.00 WIB melalui laman resmi https://pengumuman-um.ptkin.ac.id/.

Rektor menyampaikan selamat kepada calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang telah berhasil lulus dengan nilai terbaik pada program studi pilihan masing-masing. “Kami mengingatkan untuk segera mendaftar ulang serta melakukan langkah-langkah selanjutnya agar tidak gagal di tengah jalan,” ujar Mujiburrahman, Senin (8/7/2024).

Namun, bagi peserta yang belum lulus pada seleksi sebelumnya, UIN Ar-Raniry membuka kesempatan terakhir melalui jalur Penerimaan Mahasisw Baru (PMB) Lokal. Jalur ini sama dengan jalur tes lainnya, dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sama dan tanpa uang pangkal.

“UIN Ar-Raniry membuka jalur PMB Lokal, jalur ini sama dengan jalur masuk lainnya di kampus UIN Ar-Raniry. Tidak dipungut biaya selain pendaftaran resmi via bank dan tidak ada uang pangkal. Ini perlu kami luruskan karena panitia telah beberapa kali menerima pengaduan terkait hal tersebut,” tegas Mujiburrahman, Senin (8/8/2024).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, menyampaikan bahwa dengan pembukaan jalur PMB Lokal ini, diharapkan semakin banyak calon mahasiswa yang dapat bergabung dengan UIN Ar-Raniry.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan membentuk generasi muda yang berdaya saing tinggi. Melalui berbagai jalur seleksi yang kami tawarkan, kami berharap dapat menjaring mahasiswa dengan berbagai latar belakang prestasi dan kemampuan akademik,” ujarnya.

Mujiburrahman juga menekankan pentingnya memberikan akses pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. “Dengan adanya jalur Mandiri Prestasi dan Mandiri Portofolio, kami ingin memastikan bahwa kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi terbuka luas bagi mereka yang berprestasi dan memiliki potensi besar,” tambahnya.

Mujiburrahman kembali menegaskan bahwa seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus di UIN Ar-Raniry dari semua jalur, biaya kuliahnya sama. Untuk jalur PMB Lokal, tidak ada perbedaan dengan jalur lainnya di UIN Ar-Raniry dan tidak ada uang pangkal. UKT dimulai dari yang terendah sebesar 400 ribu rupiah. Informasi besaran UKT masing-masing program studi dan pengelompokannya dapat diakses di situs Admisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Biaya kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tidak dibedakan berdasarkan jalur masuk, tetapi berdasarkan kemampuan orang tua atau si pembiaya kuliah melalui UKT,” ujarnya.

Ketua Admisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Muammar Yulian, mengatakan bahwa PMB Lokal UIN Ar-Raniry merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh Panitia Lokal UIN Ar-Raniry. Calon mahasiswa baru memiliki kesempatan untuk mendaftar di 45 program studi yang tersedia.

“PMB Lokal UIN Ar-Raniry terbagi menjadi tiga jalur seleksi. Ketiga jalur tersebut adalah Mandiri Portofolio, Mandiri Prestasi, dan Ujian PMB Lokal,” ujar Muammar.

Ia menjelaskan, Mandiri Portofolio adalah jalur seleksi berdasarkan nilai SSE-UMPTKIN dan/atau UTBK-SNBT. Sementara itu, Mandiri Prestasi ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi tertentu. Adapun Ujian PMB Lokal merupakan jalur seleksi yang menggunakan tes ujian masuk.

Muammar menambahkan, dengan adanya berbagai jalur seleksi ini, diharapkan calon mahasiswa dapat memilih jalur yang paling sesuai dengan kemampuan dan prestasi mereka. “Kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di UIN Ar-Raniry.”

Berikut adalah jadwal pendaftaran untuk masing-masing jalur:
– Mandiri Prestasi: 19 Juni s.d. 9 Juli 2024
– Mandiri Portofolio UTBK: 19 s.d. 10 Juli 2024
– Mandiri Portofolio UMPTKIN: 19 s.d. 10 Juli 2024
– PMB Tes SSE: 3 Juni s.d. 13 Juli 2024

Untuk diketahui, tahun ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan kuota sebesar 7.175 orang untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui lima jalur, yaitu SNBP, UTBK-SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri atau PMB Lokal. Rinciannya, 40% kuota untuk jalur SNBP dan SPAN-PTKIN, 40% untuk SNBT dan UM-PTKIN, serta 20% untuk jalur Seleksi Mandiri.


Cek 【COD】M10 TWS Headphone  Wireless  Bluetooth 5.3 In Ear low-latency Earphone  Mikrofon Stereo Calling With 3500mAh  Powerbank – EP18 dengan harga Rp39.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5pjG3NayJV?share_channel_code=1



rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Scincidae) from the Serra da Neve Inselberg, southwestern Angola | Mio Kitchen

 Panaspis ericae   Marques, Parrinha, Lopes-Lima, Tiutenko, Bauer & Ceríaco, 2024photos by Arthur Tiutenko. AbstractFour species of the…

7 menit ago

Megophryidae) confirms underestimated diversity in the Gaoligong Mountains, with the description of A New Species | Mio Kitchen

 Xenophrys yingjiangensis Wu, Yu, Chen & Che,  in Wu, Yu, Chen, Kilunda, Zhang, Zuo, Zuo, Duan et Che,…

24 menit ago

Sukina Otoko to Wakaretai (2024) – 07+08 SUBTITLE INDONESIA | Mio Kitchen

Kembali lagi bersama Wibusubs dalam garapan dorama baru musim semi! Ini dia dorama musim semi…

2 jam ago

[Paleontology • 2024] Jurassic Fossil Juvenile reveals prolonged Life History in early Mammals | Mio Kitchen

AbstractLiving mammal groups exhibit rapid juvenile growth with a cessation of growth in adulthood. Understanding…

4 jam ago

Species New to Science: Limnonectes | Mio Kitchen

Red circles on the map represent genetic sampling localities for Limnonectes cassiopeia, new species, blue diamonds…

5 jam ago

Aenetus) from Australia and Papua New Guinea | Mio Kitchen

 AbstractFour new Aenetus Herrich-Schäffer species are described from northern Australasia; Aenetus simonseni sp. nov. from the top-end of the Northern Territory, Australia, A.…

5 jam ago