Categories: Uncategorized

√ √ Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi 2024 | Mio Kitchen



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) adalah dokumen yang dirancang untuk membantu institusi pendidikan dalam menyusun kurikulum mereka. Kurikulum ini harus dikembangkan dengan mengikuti struktur dan standar yang ditetapkan oleh pemerintah serta disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, institusi, dan daerahnya.

Panduan ini mencakup komponen dasar yang ditetapkan oleh Kementerian dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 serta satu komponen tambahan, yaitu evaluasi, pendampingan, dan pengembangan profesional. Komponen tambahan ini ditujukan untuk satuan pendidikan yang siap meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. Institusi memiliki kebebasan dalam menentukan bentuk dan struktur penyusunan kurikulum sesuai dengan konteks mereka.

Dokumen ini digunakan bersamaan dengan berbagai panduan terkait lainnya, seperti Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif, Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling, serta Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA/MA dan SMK/MAK. Semua dokumen ini diharapkan dipelajari secara mendalam untuk mendukung pengembangan kurikulum satuan pendidikan.

Fungsi Kurikulum Satuan Pendidikan

Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan berfungsi sebagai alat dinamis yang mendukung penyelenggaraan pendidikan berkualitas. Pertama, proses penyusunan dokumen ini mendorong warga satuan pendidikan untuk melakukan analisis, refleksi, dan evaluasi berbasis data secara sistematis dan terstruktur. Proses ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian dan kompetensi kepala institusi, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam merencanakan dan mengorganisasi pembelajaran secara efektif sesuai dengan kondisi institusi.

Kedua, dokumen ini membantu kepala institusi dalam melakukan diversifikasi kurikulum berdasarkan potensi dan karakteristik daerah, institusi, dan peserta didik. Diversifikasi ini diharapkan dapat memperkuat identitas institusi dan membantu mencapai visi, misi, dan tujuannya. Ketiga, pengembangan kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan diharapkan dapat memunculkan rasa kepemilikan dan gotong royong dalam pelaksanaan kurikulum menuju pendidikan yang berkualitas.

Cara Menggunakan Panduan

Panduan ini dirancang untuk membantu institusi pendidikan dalam mengembangkan kurikulum yang kontekstual dan relevan, terutama dalam mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran sesuai Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Panduan ini menjelaskan prinsip-prinsip dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum, serta tahap-tahap pembelajaran.

Panduan ini memberikan tahapan dalam menyusun setiap komponen kurikulum sesuai dengan kesiapan dan kondisi masing-masing institusi. Juga disertakan contoh strategi dan alat yang bisa dijadikan inspirasi pengembangan kurikulum.

Sasaran Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan

Kepala institusi dapat menggunakan dokumen ini untuk memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam mengembangkan kurikulum yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Sebagai pemimpin proses belajar, kepala institusi bertanggung jawab atas perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulum, serta menetapkan dokumen kurikulum.

Pendidik dapat menggunakan dokumen ini untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan peserta didik yang beragam. Sebagai fasilitator proses belajar, pendidik perlu merancang rencana pembelajaran, perkembangan pembelajaran, dan asesmen yang dapat memberikan umpan balik efektif dan melibatkan peserta didik.

Tenaga kependidikan dapat menggunakan dokumen ini untuk mendukung layanan pendidikan dan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik. Dinas Pendidikan dapat menggunakan dokumen ini untuk membimbing institusi dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kondisi riil mereka.

Pengawas sekolah atau penilik diharapkan dapat mendorong institusi di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum secara kreatif dan inovatif, yang dijadikan referensi dalam perencanaan pembelajaran dan mencerminkan pembelajaran yang mengembangkan kompetensi peserta didik serta mencapai profil pelajar Pancasila.

Download Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi 2024


Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini:


 



rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Megophryidae) confirms underestimated diversity in the Gaoligong Mountains, with the description of A New Species | Mio Kitchen

 Xenophrys yingjiangensis Wu, Yu, Chen & Che,  in Wu, Yu, Chen, Kilunda, Zhang, Zuo, Zuo, Duan et Che,…

7 menit ago

Sukina Otoko to Wakaretai (2024) – 07+08 SUBTITLE INDONESIA | Mio Kitchen

Kembali lagi bersama Wibusubs dalam garapan dorama baru musim semi! Ini dia dorama musim semi…

2 jam ago

[Paleontology • 2024] Jurassic Fossil Juvenile reveals prolonged Life History in early Mammals | Mio Kitchen

AbstractLiving mammal groups exhibit rapid juvenile growth with a cessation of growth in adulthood. Understanding…

4 jam ago

Species New to Science: Limnonectes | Mio Kitchen

Red circles on the map represent genetic sampling localities for Limnonectes cassiopeia, new species, blue diamonds…

4 jam ago

Aenetus) from Australia and Papua New Guinea | Mio Kitchen

 AbstractFour new Aenetus Herrich-Schäffer species are described from northern Australasia; Aenetus simonseni sp. nov. from the top-end of the Northern Territory, Australia, A.…

4 jam ago

Militer Perancis Bagikan Ilmu Pengoperasian Jet Tempur Rafale ke TNI AU | Mio Kitchen

25 Juli 2024Pesawat tempur Rafale Prancis (photos: TNI AU)JAKARTA, KOMPAS.com - French Air and Space…

5 jam ago