Categories: Uncategorized

5 Penghalang Kesuksesan yang Harus Kita Hindari, Salah Satunya Durhaka pada Orang Tua | Mio Kitchen


MEDIA AN NUUR─Setiap orang pasti ingin sukses dalam kehidupannya. Ada banyak hal yang menjadi faktor berhasilnya seseorang dapat mencapai kesuksesan yang mereka impikan. Terkadang bahkan ada hal yang menghampiri untuk menghalangi kesuksesan itu.

5 Penghalang Kesuksesan

Apa sajakah penghalang kesuksesan menurut ajaran Islam? Mari kita simak.

1. Durhaka kepada orang tua

Islam memosisikan orang tua pada posisi yang sangat terhormat dan mulia. Birrul walidain memiliki kedudukan mulia dan termasuk amalan yang berkedudukan paling tinggi. Maka sebaliknya, durhaka adalah perbuatan terburuk dan penghalang kesuksesan anak.

Sebagai anak, berusahalah untuk tidak berbantah-bantahan dengan orang tua, meninggikan suara di atas ayah-ibu. Benih durhaka hadir dari perbuatan ini. Durhaka kepada orang tua akan menjadikan masa depan kita akan menjadi suram.

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسٰنَ بِوَالِدَيْهِۚحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِىْ وَلِـوَالِدَيْكَۗاِلَىَّ الْمَصِيْرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman : 14)

Bentuk durhaka kepada orang tua di antaranya juga dengan selalu membebani mereka, terlebih ketika sudah beranjak dewasa ternyata masih menjadi beban. Seharusnya mulai mandiri dan bekerja bahkan harus sebaliknya, bisa membantu kedua orang tua.

Ustaz Awan Abdullah sampaikan 5 penghalang kesuksesan

Tanda anak yang durhaka adalah ketika orang tua takut menasihati anaknya karena selalu marah tak mau diarahkan pada kebaikan. Atau anak yang membuka aib keluarga dan menjadi aib di keluarganya.

Seorang anak yang durhaka enggan mendoakan ayah-ibunya. Meski sekadar setelah salat wajib. Doa seorang anak bukan hanya kebaikan untuk orang tua saja, tapi juga menjadi cara anak menggapai sukses dunia dan akhirat.

Durhaka itu juga bisa dengan membiarkan orang tua dalam kemaksiatan. Harus bisa mengatur strategi agar orang tua yang bermaksiat itu bisa meninggalkan perbuatan tersebut.

Termasuk juga dalam kategori durhaka adalah para santri yang tidak beradab kepada gurunya. Banyak ketidakberadaban itu seringkali tidak sadar kita lakukan, seperti menginjak-injak sandal gurunya, mengobrol saat pelajaran, menyalipnya saat jalan, dan sebagainya.

2. Rakus

Rakus atau serakah pada harta dunia tidak akan ada habisnya. Jarang bersyukur dan selalu merasa kurang juga jadi penyebab utama munculnya keserakahan. Senang membandingkan diri dengan mereka yang lebih sukses dan lebih kaya adalah salah satu sumbernya.

Kita merasa hanya melalui keserakahan itulah kita bisa sesukses dan sekaya orang-orang di luar sana. Padahal sebaliknya, kerakusan itu adalah bentuk ketidakbersyukuran sehingga menjadi penghalang sukses.

3. Sombong

Karakteristik orang yang negatif seperti sombong akan dapat menjadi pengaruh yang buruk bagi kita. Tentu saja ini menjadi penghalang yang dapat menjauhkan kita dari tujuan yang kita miliki. Orang sombong tak akan mau menerima masukan dari orang lain.

4. Maksiat kepada Allah

Orang yang suka berbuat maksiat tidak akan mulia dalam hidupnya, dan pintu rezekinya akan disempitkan bahkan ditutup oleh Allah ﷻ. Tidak ada sesuatu yang bisa mendatangkan rezeki yang semisal dengan meninggalkan kemaksiatan.

5. Hasad

Orang yang memiliki sifat hasad cenderung tidak menyukai keberhasilan orang lain dan dapat memicu perasaan tidak nyaman atau ketidakcocokan dalam hubungan sosial. Sifat ini akan menjauhkan dari kesuksesan.

Dengan mengetahui 5 penghalang kesuksesan itu maka marilah kita hindari sehingga kita bisa meraih kesuksesan di dunia dan akhirat. Semoga Allah meridai kita semua dan menurunkan keberkahan pada rezeki yang dititipkan pada kita, aamiin.

Kajian Ahad pagi, 12 Mei 2024 di Masjid Al Hidayah Sangen bersama Ustaz Awan Abdullah, S.Pj dari Yogyakarta.

Share This Article :

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Troodontidae) from the Upper Cretaceous Baruungoyot Formation of Mongolia | Mio Kitchen

Harenadraco primaS. Lee, Y.-N. Lee, Park, Kim, Badamkhatan, Idersaikhan & Tsogtbaatar, 2024 artwork by Yusik ChoiABSTRACTAmong…

2 jam ago

Saat JK Bertemu Pemimpin Hamas, 5 Tokoh Muda NU ‘Menjilat’ Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Pada momen pertemuan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang juga menjabat sebagai Ketua…

3 jam ago

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6 Tahun Lalu | Mio Kitchen

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6…

3 jam ago

‘Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi’ | Mio Kitchen

'Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi'Oleh: M. Rizal FadillahPemerhati Politik dan Kebangsaan NEGERI ini bermasalah dengan tingkat …

3 jam ago

Gus Nadir Bongkar ‘Jaringan’ Yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Intelektual Nahdlatul Ulama (NU), Prof KH Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus…

3 jam ago

‘Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?’ | Mio Kitchen

'Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?'Kunjungan sejumlah cendekiawan Nahdliyin ke…

4 jam ago