Categories: Uncategorized

Bahasa NTT Aku Rindu Kamu | Mio Kitchen


Penulis: Frederikus Suni
Bahasa NTT Aku Rindu Kamu, dok ig:@audilia.putri
Tafenpah.com

Tafenpah.com – Setiap pertemuan, tentunya ada kerinduan. Merindukan seseorang yang sangat spesial dalam hidup kita merupakan bagian dari kebutuhan. Karena pada dasarnya, manusia adalah mahkluk yang hidup tanpa orang lain.

Perihal rindu, penulis dan juga pembaca portal Tafenpah, pastinya sedang mengingat seseorang, kan? Apalagi orang yang kita rindukan berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Berkaitan dengan perihal tersebut, pada kesempatan ini, kita akan bersama mempelajari istilah atau kalimat yang biasanya digunakan oleh warga NTT, ketika menyatakan rasa rindunya kepada si tambatan hati.

Baca Juga: 

Untuk diketahui bersama, provinsi Nusa Tenggara Timur per desember 2023, memiliki 72 bahasa daerah. Umumnya, ke-72 bahasa daerah tersebut merupakan cabang dari bahasa Austronesia yang masih tersisa di bagian Tenggara Indonesia ini.

Menariknya, dari ke-72 bahasa yang berada di NTT, ada satu kesamaan penyebutan, terutama ungkapan rasa rindu terhadap orang yang kita sayangi.

Jadi, AKU RINDU KAMU versi bahasa NTT adalah; ‘BETA SU RINDU.’

Beta dalam bahasa Indonesia adalah; Orang pertama tunggal (Saya, Aku).

Su aratinya: Sudah (dalam hal ini sudah termasuk kata keterangan).

Untuk melengkapi ungkapan Beta Su Rindu, dapat ditambahkan oleh setiap orang, tergantung keterangganya. Misalnya, Anda ingin mengungkapkan perasaaan rindu kepada pacar Anda, maka ungkapan yang tepat adalah; Beta su Rindu Ade Nona.

Cewek yang berasal dari NTT, lebih senang dipanggil atau disapa dengan kata; NONA.

Hipotesa sementaranya adalah orang NTT biasanya menggunakan istilah atau ungkapan Beta Su Rindu untuk mengungkapkan perasaan kasih dan sayangnya kepada mereka yang dianggap paling spesial, berjasa dan selalu ada dalam hidup mereka.

Penyebutan Beta Su Rindu juga digunakan oleh warga Melanesia yang berada di Indonesia Timur, khususnya Maluku, Papua dan sekitarnya.

So, teruntuk kamu yang saat ini sedang ataupun nanti jatuh cinta dengan orang NTT, setidaknya penjelasan dalam artikel ini dapat membantu komunikasi Anda.

Ikutin juga Channel Youtube Kami: Tafenpah group

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Troodontidae) from the Upper Cretaceous Baruungoyot Formation of Mongolia | Mio Kitchen

Harenadraco primaS. Lee, Y.-N. Lee, Park, Kim, Badamkhatan, Idersaikhan & Tsogtbaatar, 2024 artwork by Yusik ChoiABSTRACTAmong…

4 jam ago

Saat JK Bertemu Pemimpin Hamas, 5 Tokoh Muda NU ‘Menjilat’ Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Pada momen pertemuan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang juga menjabat sebagai Ketua…

5 jam ago

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6 Tahun Lalu | Mio Kitchen

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6…

5 jam ago

‘Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi’ | Mio Kitchen

'Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi'Oleh: M. Rizal FadillahPemerhati Politik dan Kebangsaan NEGERI ini bermasalah dengan tingkat …

5 jam ago

Gus Nadir Bongkar ‘Jaringan’ Yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Intelektual Nahdlatul Ulama (NU), Prof KH Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus…

5 jam ago

‘Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?’ | Mio Kitchen

'Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?'Kunjungan sejumlah cendekiawan Nahdliyin ke…

5 jam ago