Categories: Uncategorized

Ikan cupang fancy yang fenomenal | Mio Kitchen


Ikan cupang, atau yang dikenal dengan sebutan “Betta”, telah lama memikat penggemar ikan dengan kecantikan dan karakteristik uniknya. Berasal dari perairan tawar di Asia Tenggara, ikan cupang tidak hanya dikenal karena keindahannya tetapi juga karena sifatnya yang agresif dan ada istilah buka kedok saat disandingkan dengan ikan cupang lainnya.

Ikan cupang memiliki sejarah yang panjang. Dulu, ikan ini digunakan untuk adu tarung di Thailand, yang kemudian menjadikannya populer sebagai ikan hias di seluruh dunia. Keindahan sirip dan warna yang beragam membuatnya sangat diminati oleh para penghobi ikan hias.

Kini dengan popularitasnya yang meroket ikan cupang telah menjadi komoditas ekspor yang membuatnya menjadi salah satu komoditas hias yang bernilai tinggi. Ada berbagai jenis ikan cupang yang memikat, mulai dari yang memiliki ekor panjang seperti kipas hingga yang memiliki sirip panjang dan indah. Jenis-jenis ini sering kali dibedakan berdasarkan warna, pola, dan bentuk tubuhnya yang unik.

Menurut admin salah satu faktor utama di balik keberagaman ikan cupang ini adalah melalui proses kawin silang yang dilakukan oleh para breeder berpengalaman. Para breeder telah mengembangkan teknik untuk menghasilkan ikan cupang dengan warna-warna yang spektakuler dan pola yang unik melalui kawin silang. Proses ini melibatkan memilih induk dengan warna dan karakteristik yang diinginkan kemudian memadukan gen-gen tersebut untuk menghasilkan keturunan dengan kombinasi warna yang baru dan menarik.

Breeder yang terampil tidak hanya memperhatikan seperti warna dan pola, tetapi juga sifat-sifat lain seperti bentuk tubuh, ukuran, dan keindahan sirip. Mereka menggabungkan pengetahuan tentang genetika dan pengalaman praktis untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam keturunan dari ikan cupang. Hasil dari kawin silang sering kali menghasilkan varian yang sangat diminati oleh penggemar ikan hias. Misalnya seperti cupang dengan warna transparan atau kombinasi warna yang tidak biasa bisa menjadi tren di pasar internasional, membuatnya menjadi koleksi berharga bagi para penghobi ikan hias.

Cupang Fancy

Seperti Cupang avatar yang dikenal karena warna-warni dan pola kerlap-kerlip yang menarik seperti tokoh film animasi Avatar, telah menjadi favorit di kalangan penggemar ikan hias di Indonesia. Dan salah satu varietas terpopuler berikutnya adalah Cupang Blue Rim yang dikenal dengan warna biru yang di sepanjang tepi siripnya, kombinasi warna biru dan kontras yang kuat membuatnya menjadi pemandangan yang bagus di dalam aquarium soliter.

Kedua varietas ikan cupang fancy ini tidak hanya diminati oleh kalangan penggemar ikan hias berpengalaman, tetapi juga memikat minat baru di antara mereka yang tertarik untuk memulai hobi baru dalam memelihara ikan hias dalam aquarium. Dengan pesatnya penyebaran informasi melalui youtube dan komunitas online, cupang avatar dan blue rim semakin memperluas popularitasnya di seluruh Indonesia. 

Para penjual ikan hias dan breeder di Indonesia pun aktif dalam memenuhi permintaan akan kedua varietas ini, menciptakan pasar yang dinamis dan berkembang bagi ikan cupang dengan penampilan khusus ini. Pada tahun 2020 -an ikan cupang blue rim, dari artikel yang diterbitkan oleh situs jatimnews.com mengungkapkan bahwa salah satu cupang blue rim berhasil terjual dengan harga mencapai Rp 14 juta, menjadi bukti nyata dari daya tarik dan nilai tinggi yang dimiliki oleh ikan hias ini.
Melalui inovasi genetika para breeder berperan penting dalam memajukan pengetahuan kita tentang genetika ikan serta menghadirkan pengalaman baru bagi para penggemar ikan cupang.

Semoga infonya bermanfaat.

Kuningan Juni 2024

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Dorama World: Quick Review #56: Ryoujin no ono | Mio Kitchen

Title: Ryoujin no ono / 両刃の斧Rating: 7 / 10Recommended for: Those who like thought-provoking but slow-paced suspense stories…

18 menit ago

Scincidae) from the Serra da Neve Inselberg, southwestern Angola | Mio Kitchen

 Panaspis ericae   Marques, Parrinha, Lopes-Lima, Tiutenko, Bauer & Ceríaco, 2024photos by Arthur Tiutenko. AbstractFour species of the…

42 menit ago

Megophryidae) confirms underestimated diversity in the Gaoligong Mountains, with the description of A New Species | Mio Kitchen

 Xenophrys yingjiangensis Wu, Yu, Chen & Che,  in Wu, Yu, Chen, Kilunda, Zhang, Zuo, Zuo, Duan et Che,…

58 menit ago

Sukina Otoko to Wakaretai (2024) – 07+08 SUBTITLE INDONESIA | Mio Kitchen

Kembali lagi bersama Wibusubs dalam garapan dorama baru musim semi! Ini dia dorama musim semi…

2 jam ago

[Paleontology • 2024] Jurassic Fossil Juvenile reveals prolonged Life History in early Mammals | Mio Kitchen

AbstractLiving mammal groups exhibit rapid juvenile growth with a cessation of growth in adulthood. Understanding…

5 jam ago

Species New to Science: Limnonectes | Mio Kitchen

Red circles on the map represent genetic sampling localities for Limnonectes cassiopeia, new species, blue diamonds…

5 jam ago