Categories: Uncategorized

Jelajah Pulau Timor, Menikmati Secangkir Tua No’e, Pikir Jadi Fly | Mio Kitchen


Penulis: Frederikus Suni
Jelajah Pulau Timor, Tua No’e, Dok.
Tafenpah.com

Tafenpah.com – Menjelajahi alam pegunungan, dataran pantai mempesona, padang sabana yang indah, dan ragam keunikan budaya, sembari menikmati minuman Tua No’e (minuman khas pulau Timor), seketika pikiran wisatawan pun ikut terbang (fly) menerpa awan biru tanah Timor, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui bersama, Tua No’e, Tua Nakaf (Sopi Kepala) merupakan jenis minuman alkohol yang sudah dilegalkan oleh mantan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Karena bagaimana pun, Tua No’e (minuman tradisional suku Timor Dawan) tersebut juga merepresentasikan ikatan persaudaraan, selain sebagai komunikasi budaya yang sudah ada sejak zaman leluhur Atoni Pah Meto.

Konsumsi Tua No’e juga sebagai minuman pemersatu Atoni Pah Meto. Umumnya, minuman tersebut dapat dikonsumsi oleh Atoin Meto, asalkan yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Tua No’e atau minuman tuak/alkohol khas tradisional suku Timor Dawan NTT, sama halnya Arak Dayak (minuman khas Suku Dayak), Tape (Minuman khas Suku Jawa), Moke (minuman khas suku Flores dan sekitar), Cap Tikus (minuman alkohol tradisional suku Minahasa serta berbagai jenis minuman tradisional daerah lainnya.

Tua No’e hasil fermentasi dari pohon Lontar juga bernilai simbol Kebudayaan Etnis Timor Dawan.

Jadi, bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pulau Timor Indonesia hingga Timor Leste, Tua No’e sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, asalkan kadarnya tidak berlebihan. 

Karena ketika mengonsumsi Tua No’e dalam takaran yang lebih, selain membuat diri wisatawan fly atau terbang, juga memberikan efek samping yang sangat berbahaya, yakni: retaknya hubungan persaudaraan, persahabatan atau pertemanan, karena sikap dan cara pandang yang berbeda antar satu dan lainnya.

Umumnya, relasi persaudaraan Atoni Pah Meto retak, karena ucapan yang mungkin saja menyakiti, menyinggung, bahkan mengeluarkan kata-kata kurang sopan, ketika kelebihan konsumsi Tua No’e.

Jadi, konsumsilah jenis minuman tradisional suku Timor Dawan tersebut dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan diri sendiri.

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Aktivis Dan Tokoh Pemuda Nilai Jika DPP Gerindra Usung ASS Dipilgub Nama Besar AIA Sebagai Politisi Handal di SulSel Pasti Anjlok. | Mio Kitchen

INSTINGJURNALIS.COM - Partai Gerindra mengumumkan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi sebagai bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil…

7 menit ago

Masyarakat Cilegon Diimbau Ikut Imunisasi Polio ~ Mio KitchenKoran Mio Kitchen | Mio Kitchen

  CILEGON (KONTAK BANTEN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif…

11 menit ago

Koordinasi, Upaya Disdukcapil Sinjai Penuhi Hak Pilih Pelajar Jelang Pilkada | Mio Kitchen

INSTINGJURNALIS.COM -  Tim Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai untuk kesekian kalinya melaksanakan koordinasi perekaman…

19 menit ago

Matter related to NBU’s Law dept not featuring in BCI list heard at Jalpaiguri Circuit Bench | Mio Kitchen

MP, 22 July 2024, Jalpaiguri: The matter related to the affiliation of the Law department…

25 menit ago

MTQ Banten 2024 Diikuti Ratusan Peserta ~ Mio KitchenKoran Mio Kitchen | Mio Kitchen

  SERANG ( KONTAK BANTEN Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 21 tingkat Provinsi Banten…

26 menit ago