Categories: Uncategorized

Jokowi Habiskan Anggaran Rp762 T Dalam 6 Bulan, Buat Apa Saja? | Mio Kitchen



DEMOCRAZY.ID – Pemerintah telah membelanjakan anggaran senilai Rp 762,1 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama enam bulan terakhir pada 2024. 

Porsi anggaran dari belanja pemerintah pusat itu terkucur 76,4% dari total belanja pemerintah pusat senilai Rp 997,9 triliun hingga Semester I-2024.

Pagu anggaran belanja pemerintah pusat pada 2024 sendiri senilai Rp 2.467,5 triliun untuk keseluruhan tahun ini. 

Lebih tinggi dibanding belanja pemerintah pusat pada tahun lalu yang ditetapkan sebesar Rp 2.302,5 triliun.

“76,4% dari belanja pemerintah pusat itu langsung dinikmati masyarakat,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR, Jakarta, dikutip Selasa (9/7/2024).

Adapun rincian belanja pemerintah pusat yang Sri Mulyani katakan langsung dinikmati masyarakat itu terdiri dari anggaran untuk perlindungan sosial, berupa Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp 14,2 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Lalu, dalam bentuk Kartu Sembako Rp 22,2 triliun untuk 18,7 KPM.

Dalam bentuk pos belanja pendidikan, terdiri dari program Program Indonesia Pintar (PIP) Rp 8,1 triliun, untuk 10,5 juta siswa,Program KIP Kuliah Rp 6,8 triliun untuk 869,3 ribu mahasiswa, Bantuan Operasional Sekolah atau BOS melalui Kemenag Rp 5,6 triliun untuk 4,9 juta siswa, dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Rp 2,6 triliun, untuk 197 PTN.

Untuk belanja infrastruktur dalam bentuk pembangunan atau rehabilitasi senilai Rp 75,2 triliun jalan, jembatan, rel Kereta Api, bandara, pelabuhan, bendungan, jaringan irigasi, SPAM, rumah susun, gedung dikti, dan kapasitas satelit.

Kesehatan telah terkucur Rp 23,2 triliun dalam bentuk Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional atau PBI JKN senilai Rp 23,2 triliun untuk 96,8 juta peserta. Adapula untuk UMKM berupa subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi 2,4 juta debitur.

Belanja yang berupa program keterjangkauan energi seperti subsidi BBM telah terkucur senilai Rp 8,7 triliun dengan volume 7,16 juta kiloliter, dan subsidi LPG 3 Kg senilai Rp 34,2 triliun sebesar 3,4 juta metrik ton.

Terakhir, belanja untuk mendukung pertanian berupa bantuan alat dan mesin pertanian pra panen, seperti Traktor, Pompa Air, Hand Sprayer, dan Rice Transplanter sebesar Rp 901,1 miliar untuk 41.333 unit, dan subsidi pupuk untuk 3,1 juta ton pupuk.

“Jadi total Rp 762,1 triliun ini adalah langsung dirasakan masyarakat,” ucap Sri Mulyani.

Sumber: CNBC

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Troodontidae) from the Upper Cretaceous Baruungoyot Formation of Mongolia | Mio Kitchen

Harenadraco primaS. Lee, Y.-N. Lee, Park, Kim, Badamkhatan, Idersaikhan & Tsogtbaatar, 2024 artwork by Yusik ChoiABSTRACTAmong…

2 jam ago

Saat JK Bertemu Pemimpin Hamas, 5 Tokoh Muda NU ‘Menjilat’ Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Pada momen pertemuan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang juga menjabat sebagai Ketua…

3 jam ago

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6 Tahun Lalu | Mio Kitchen

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6…

3 jam ago

‘Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi’ | Mio Kitchen

'Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi'Oleh: M. Rizal FadillahPemerhati Politik dan Kebangsaan NEGERI ini bermasalah dengan tingkat …

3 jam ago

Gus Nadir Bongkar ‘Jaringan’ Yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Intelektual Nahdlatul Ulama (NU), Prof KH Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus…

3 jam ago

‘Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?’ | Mio Kitchen

'Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?'Kunjungan sejumlah cendekiawan Nahdliyin ke…

3 jam ago