Categories: berita

Mariona Caldentey Tinggalkan FC Barcelona: Gavi Fokus pada Pemulihan, Lamine Yamal Memimpin Perebutan Golden Boy 2024

Perpisahan Emosional Mariona Caldentey

Setelah 10 tahun mewakili Barça, Mariona Caldentey tidak akan berada di klub untuk musim mendatang. Pemain asal Mallorca berusia 28 tahun ini memutuskan untuk mengambil tantangan profesional baru setelah kontraknya berakhir pada 30 Juni. Nomor 9 Barça ini mengucapkan selamat tinggal setelah memainkan 302 pertandingan kompetitif untuk Barça, dengan mencetak 114 gol.

Mariona Caldentey Tinggalkan FC Barcelona: Gavi Fokus pada Pemulihan, Lamine Yamal Memimpin Perebutan Golden Boy 2024

Kontribusi yang Tak Terlupakan

Mariona meninggalkan klub sebagai pencetak gol terbanyak kelima sepanjang masa di belakang Oshoala (117), Sonia Bermúdez (123), Jenni Hermoso (181), dan Alexia Putellas (190). Gol-golnya yang berjumlah 114 dicetak di berbagai kompetisi: Liga F (73), Liga Champions (16), Copa de la Reina (13), Supercopa Spanyol (3), dan Piala Catalunya (9). Musim 2023/24 menjadi musim terbaiknya dengan mencetak 19 gol, melampaui 17 gol yang dicetaknya pada musim 2020/21.

Masa Keemasan

Mariona memulai debutnya untuk tim utama Barça pada musim 2014/15 saat berusia 18 tahun. Dalam sepuluh tahun berikutnya, dia telah mencatatkan sejarah bagi Barça Women dengan memenangkan 25 trofi: 3 Liga Champions, 6 Liga F, 6 Copa de la Reina, 4 Supercopa Spanyol, dan 6 Piala Catalunya. Dia berada di urutan keempat dalam daftar trofi terbanyak yang dimenangkan, hanya di belakang Alexia Putellas (30), Melanie Serrano (29), dan Marta Torrejón (28).

Kinerja Luar Biasa di Liga Champions

Caldentey mengakhiri karirnya di Barça dengan kemenangan Liga Champions, setelah menunjukkan performa luar biasa dalam pertandingan final melawan Olympique Lyonnais Féminin.

Gavi Fokus pada Pemulihan

Kabar menggembirakan datang dari pemain muda La Masia, Gavi, yang menunjukkan fokus tinggi pada pemulihannya dari cedera anterior cruciate ligament (ACL) dan cedera lutut kanan yang dialaminya saat bermain untuk tim nasional Spanyol pada 19 November tahun lalu.

Proses Pemulihan

Gavi bekerja keras melalui setiap tahap pemulihannya di Ciutat Esportiva untuk kembali ke kondisi fisik terbaiknya. Cedera ini terjadi saat jeda internasional pada November 2023, di Stadion José Zorrilla selama pertandingan kualifikasi terakhir Euro 2024. Pemain Barça ini harus digantikan pada menit ke-26 dalam pertandingan melawan Georgia.

Kontribusi di Musim Ini

Gavi telah memainkan 15 pertandingan musim ini, dengan 13 kali sebagai starter. Dia mencetak dua gol, masing-masing melawan Villarreal dan Royal Antwerp, serta memberikan satu assist. Debutnya pada usia 17 tahun pada 29 Agustus 2021, telah membuatnya menjadi bagian penting dari cara tim bermain, dan kembalinya sangat dinantikan.

Lamine Yamal Memimpin Perebutan Golden Boy 2024

Perlombaan menuju Golden Boy 2024 sedang berlangsung. Pada hari Rabu di Teater Cucinelli di Solomeo, Italia, diumumkan daftar 100 pemain yang masuk dalam nominasi penghargaan tahunan untuk pemain sepak bola terbaik di bawah usia 21 tahun. Lamine Yamal, yang belum genap berusia 17 tahun hingga Juli, memimpin dalam daftar tersebut, bersama tiga pemain Barça lainnya: Pau Cubarsí (8), Gavi (20), dan Vitor Roque (50).

Klub dengan Perwakilan Terbanyak

Dengan empat pemain yang masuk dalam daftar, Barça menjadi klub dengan perwakilan terbanyak bersama Brighton & Hove Albion. Pemenang penghargaan ini tidak akan diumumkan hingga 4 Desember 2024 dalam sebuah gala di Turin, namun daftar kandidat akan dipangkas secara bertahap hingga saat itu.

Kesimpulan

Kehilangan Mariona Caldentey merupakan pukulan bagi FC Barcelona, namun klub tetap optimis dengan kembalinya Gavi yang fokus pada pemulihan dan potensi Lamine Yamal dalam meraih Golden Boy 2024. Dalam momen transisi ini, semangat dan dedikasi para pemain muda menjadi harapan besar bagi masa depan klub. Seperti yang diungkapkan oleh Bojan Krkic, kepercayaan pada pemain muda dan metode pelatihan di La Masia akan terus menjadi fondasi penting dalam membentuk generasi baru pemain Barça yang siap bersinar di panggung dunia.

rasasalsa166@gmail.com

Share

Recent Posts

Troodontidae) from the Upper Cretaceous Baruungoyot Formation of Mongolia | Mio Kitchen

Harenadraco primaS. Lee, Y.-N. Lee, Park, Kim, Badamkhatan, Idersaikhan & Tsogtbaatar, 2024 artwork by Yusik ChoiABSTRACTAmong…

2 jam ago

Saat JK Bertemu Pemimpin Hamas, 5 Tokoh Muda NU ‘Menjilat’ Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Pada momen pertemuan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang juga menjabat sebagai Ketua…

3 jam ago

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6 Tahun Lalu | Mio Kitchen

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6…

3 jam ago

‘Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi’ | Mio Kitchen

'Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi'Oleh: M. Rizal FadillahPemerhati Politik dan Kebangsaan NEGERI ini bermasalah dengan tingkat …

3 jam ago

Gus Nadir Bongkar ‘Jaringan’ Yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Intelektual Nahdlatul Ulama (NU), Prof KH Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus…

3 jam ago

‘Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?’ | Mio Kitchen

'Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?'Kunjungan sejumlah cendekiawan Nahdliyin ke…

3 jam ago