Categories: Uncategorized

PAFI Kabupaten Trenggalek Turut Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat | Mio Kitchen


MEDIA AN NUUR─Sebagai organisasi profesi  yang bergiat dalam penyediaan obat-obatan, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Trenggalek terus berinovasi dengan berbagai program sebagai usaha mengoptimalkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam ajaran Islam, mengurusi masalah keumatan itu adalah sebuah kebaikan. Baik itu yang terkait dakwah agama maupun dalam konteks sosial, bagaimana menjadikan masyarakat hidup dengan aman dan nyaman.

PAFI Kabupaten Trenggalek turut mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Termasuk di antaranya, ketika peduli dengan keumatan dalam hal kesehatan masyarakat. Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya umat, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi.

Berbicara kiprah dalam kesehatan tak lepas dari keberadaan dunia farmasi dan para insan yang bergelut di sana. Mereka memastikan kebutuhan obat-obatan terpenuhi sehingga mendukung kesehatan masyarakat luas.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Trenggalek

Kalau melongok sejarah, Ahli Farmasi Indonesia sudah ada sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Turut berjuang bahu membahu untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia.

Ahli Farmasi Indonesia termasuk salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara. Sesuai fungsinya, Ahli Farmasi Indonesia turut mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang farmasi, dibentuklah organisasi “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” (PAFI) pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta.

Salah satunya adalah PAFI yang berada di wilayah Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Tepatnya yang beralamat di Jl. Sukanandi, Ngasinan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Turut serta mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat khususnya di Trenggalek.

Peran Serta PAFI Kabupaten Trenggalek untuk Kesehatan Masyarakat Indonesia

Farmasi merupakan profesi kesehatan yang meliputi kegiatan di bidang penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, informasi obat, dan distribusi obat. Keberadaan profesi ahli farmasi tentu sebagai kunci tercukupinya kebutuhan obat di Indonesia tercinta.

PAFI Kabupaten Trenggalek turut menopang PAFI pusat dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

PAFI Kabupaten Trenggalek selalu mendukung tujuan bersama mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia yang tak melupakan untuk tetap meningkatkan kesejahteraan anggota.

Program dan Kegiatan PAFI Kabupaten Trenggalek

Sebagai organisasi yang berdedikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, PAFI Kabupaten Trenggalek memiliki berbagai program dan kegiatan yang berfokus pada pengembangan kompetensi, kolaborasi, serta pemberdayaan anggota.

Di antara program PAFI Kabupaten Trenggalek adalah mengadakan pelatihan, workshop, dan seminar dengan narasumber ahli di bidang farmasi. Juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan distribusi obat-obatan kepada masyarakat kurang mampu.

PAFI Kabupaten Trenggalek juga giat melakukan kerja sama dengan berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan apotek, untuk memastikan layanan farmasi ke masyarakat sudah sesuai dengan standar yang ada.

Dengan semangat kebersamaan dan profesionalisme, PAFI Kabupaten Trenggalek siap melangkah maju untuk mewujudkan kesehatan masyarakat secara optimal, baik untuk masyarakat Trenggalek mau pun seluruh masyarakat Indonesia.

Semakin maju, tentu PAFI Kabupaten Trenggalek membuka pintu bagi para profesional farmasi untuk bersama-sama membangun masa depan pelayanan kefarmasian yang lebih baik. Semoga masyarakat Indonesia semakin menyadari arti pentingnya kesehatan.

Share This Article :

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Sukina Otoko to Wakaretai (2024) – 07+08 SUBTITLE INDONESIA | Mio Kitchen

Kembali lagi bersama Wibusubs dalam garapan dorama baru musim semi! Ini dia dorama musim semi…

1 jam ago

[Paleontology • 2024] Jurassic Fossil Juvenile reveals prolonged Life History in early Mammals | Mio Kitchen

AbstractLiving mammal groups exhibit rapid juvenile growth with a cessation of growth in adulthood. Understanding…

4 jam ago

Species New to Science: Limnonectes | Mio Kitchen

Red circles on the map represent genetic sampling localities for Limnonectes cassiopeia, new species, blue diamonds…

4 jam ago

Aenetus) from Australia and Papua New Guinea | Mio Kitchen

 AbstractFour new Aenetus Herrich-Schäffer species are described from northern Australasia; Aenetus simonseni sp. nov. from the top-end of the Northern Territory, Australia, A.…

4 jam ago

Militer Perancis Bagikan Ilmu Pengoperasian Jet Tempur Rafale ke TNI AU | Mio Kitchen

25 Juli 2024Pesawat tempur Rafale Prancis (photos: TNI AU)JAKARTA, KOMPAS.com - French Air and Space…

5 jam ago

Species New to Science: Bulascaccarius | Mio Kitchen

AbstractWe describe Bulasconotus scaccarius sp. nov., a new species of cylindrical bark beetle (Zopheridae: Colydiinae: Synchitini), elevating the…

5 jam ago