Categories: Uncategorized

Pemkab Solok Selatan Terima 613 Mahasiswa Unand da UIN IB Laksanakan KKN | Mio Kitchen


Solok Selatan( Indomen ) – Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. Syamsurizaldi mengapresiasi kedua universitas yang menjadikan Solok Selatan sebagai daerah tujuan KKN. Kehadiran mahasiswa ini merupakan angin segar bagi masyarakat untuk menemukan ide-ide untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


“Kami harapkan bsia membangun kerja sama yang baik, komunikasi yang baik, koordinasi yang baik dengan pemerintah nigari tujuan dan kelompok masyarakat lainnya dalam mensosialisasikan program kerja selama KKN,” kata Syamsurizaldi saat menerima mahasiswa KKN di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (9/7/2024).

Sebanyak 613 orang mahasiswa dari Universitas Andalas dan UIN Imam Bonjol Padang mendatangi Kabupaten Solok Selatan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN ini akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Solok Selatan selama empat puluh hari sejak 9 Juli 2024 sampai 19 Agustus 2024.

Menurutnya, mahasiswa merupakan agen pembaharu yang akan membawa berbagai program dan kegiatan yang akan mendukung pembangunan di nigari dan daerah tujuan.

Untuk itu dihimbau kepada semua yang terlibat untuk meningkatkan kepedulian dan memberikan contoh teladan serta sikap empati sehingga bisa membawa perubahan perilaku terhadap masalah yang dihadapi.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Kepegawaian UIN Imam Bonjol Padang Dr. Testru Hendra menyebutkan bahwa kegiatan KKN ini ditujukan untuk memberikan pengajaran mengenai kehidupan bermasyarakat dan belajar di tengah masyarakat.

“Kami titipkan mahasiswa untuk menunjukkan pengabdiannya di Solok Selatan. Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa bisa ikut berpartisipasi memajukan nagari yang ada di Solok Selatan,” jelasnya.

Sementara itu, mahasiswa KKN dari Unand membawa misi khusus untuk program kerjanya selama masa KKN ini. Mengingat angka prevalensi stunting di Indonesia masih terbilang tinggi, program kerja yang akan dilakukan berkisar mengenai upaya mulai dari pengukuran hingga penanggulangan munculnya angka stunting baru.

Direktur Usaha dan Bisnis Unand Dr. dr. Amdani Eka Putra mengatakan program kerja KKN ini menjadi rencana jangka Panjang, setidaknya untuk empat hingga lima tahun ke depan bagi Unand dan Solok Selatan.

“Salah satu fokus kita masalah besar di nasional adalah stunting. Untuk Unand kita ambil topik stunting, harapannya membanguan mencari permasalahan dan upaya solusi yang bisa dilakukan terkait stunting,” paparnya.

Adapun dari 613 mahasiswa ini, sebanyak 216 orang berasal dari UIN Imam Bonjol Padang. Akan melaksanakan KKN di sembilan nagari di Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo, dan Sangir Batang Hari.

Sedangkan sebanyak 397 orang dari Unand akan melaksanakan KKN di 15 nagari di enam kecamatan, yakni Kecamatan KPGD, Sungai Pagu, Pauh Duo, Sangir, Sangir Jujuan, dan Sangir Balai Janggo. (DEsri Wahida)

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Megophryidae) confirms underestimated diversity in the Gaoligong Mountains, with the description of A New Species | Mio Kitchen

 Xenophrys yingjiangensis Wu, Yu, Chen & Che,  in Wu, Yu, Chen, Kilunda, Zhang, Zuo, Zuo, Duan et Che,…

15 menit ago

Sukina Otoko to Wakaretai (2024) – 07+08 SUBTITLE INDONESIA | Mio Kitchen

Kembali lagi bersama Wibusubs dalam garapan dorama baru musim semi! Ini dia dorama musim semi…

2 jam ago

[Paleontology • 2024] Jurassic Fossil Juvenile reveals prolonged Life History in early Mammals | Mio Kitchen

AbstractLiving mammal groups exhibit rapid juvenile growth with a cessation of growth in adulthood. Understanding…

4 jam ago

Species New to Science: Limnonectes | Mio Kitchen

Red circles on the map represent genetic sampling localities for Limnonectes cassiopeia, new species, blue diamonds…

4 jam ago

Aenetus) from Australia and Papua New Guinea | Mio Kitchen

 AbstractFour new Aenetus Herrich-Schäffer species are described from northern Australasia; Aenetus simonseni sp. nov. from the top-end of the Northern Territory, Australia, A.…

5 jam ago

Militer Perancis Bagikan Ilmu Pengoperasian Jet Tempur Rafale ke TNI AU | Mio Kitchen

25 Juli 2024Pesawat tempur Rafale Prancis (photos: TNI AU)JAKARTA, KOMPAS.com - French Air and Space…

5 jam ago