Categories: Uncategorized

TNI AL dan Freeport Indonesia Kerja Sama Bangun Dermaga di Timika | Mio Kitchen


05 Juli 2024

Dermaga di sekitar Timika saat ini (image: GoogleMaps)

Jakarta (ANTARA) – TNI Angkatan Laut dan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Markas Besar TNI AL (Mabesal), Cilangkap, Jakarta, Rabu, meneken perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan dermaga baru untuk Pangkalan TNI AL (Lanal) Timika di Papua Tengah.

Dokumen perjanjian itu ditandatangani oleh Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan TNI AL (Kadisfaslanal) Laksamana Pertama TNI Kris Wibowo dan Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi, disaksikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Clayton Allen Wenas alias Tony Wenas.

“Dermaga ini dapat digunakan pula untuk mendukung tugas dan fungsi TNI AL dalam menjaga kedaulatan negara sehingga dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara TNI AL, khususnya Lanal Timika, dan PTFI,” kata Laksamana TNI Ali saat acara penandatanganan PKS di Mabesal, Jakarta, Rabu.

Dalam perjanjian itu, dermaga baru beserta sarana dan prasarana pendukungnya dibangun di lahan milik Lanal Timika oleh Freeport Indonesia. Tahapan pembangunan, yang rencananya segera dimulai, dijadwalkan berlangsung selama 2 tahun.

Dermaga itu nantinya bakal dipergunakan oleh TNI AL bersama dengan Freeport Indonesia selama jangka waktu perjanjian kerja sama itu berlaku, yaitu selama 5 tahun. Jika masa kerja berakhir, penggunaan dermaga itu oleh Freeport bakal mengikuti aturan yang berlaku terkait dengan pemanfaatan barang milik negara (BMN).

Freeport Indonesia rencananya menggunakan dermaga itu untuk optimalisasi pengangkutan dan penyimpanan limbah pasir sisa tambang (tailing) ke luar Kabupaten Mimika sebagaimana telah disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

KSAL, dalam sambutannya pada acara yang sama, menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama itu juga bentuk tertib administrasi di lingkungan TNI AL.

Sejauh ini, TNI AL dan Freeport Indonesia telah meninjau calon lokasi pembangunan dermaga baru. Namun, dua pihak belum dapat mengumumkan lokasi pastinya saat ini.

Dalam tahapan survei itu, dua pihak juga memastikan fasilitas-fasilitas pendukung yang bakal dibangun seiring dengan pembangunan dermaga.

Lanal Timika merupakan pangkalan TNI AL yang bernaung di bawah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke.

(Antara)

rasasalsa166@gmail.com

Recent Posts

Troodontidae) from the Upper Cretaceous Baruungoyot Formation of Mongolia | Mio Kitchen

Harenadraco primaS. Lee, Y.-N. Lee, Park, Kim, Badamkhatan, Idersaikhan & Tsogtbaatar, 2024 artwork by Yusik ChoiABSTRACTAmong…

2 jam ago

Saat JK Bertemu Pemimpin Hamas, 5 Tokoh Muda NU ‘Menjilat’ Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Pada momen pertemuan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang juga menjabat sebagai Ketua…

3 jam ago

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6 Tahun Lalu | Mio Kitchen

Sebelum 5 Nahdliyin Ketemu Presiden Israel, Sekjen NU Yahya Cholil Staquf Bertemu Benjamin Netanyahu 6…

3 jam ago

‘Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi’ | Mio Kitchen

'Solusi Kebaikan Negeri, Tangkap Jokowi'Oleh: M. Rizal FadillahPemerhati Politik dan Kebangsaan NEGERI ini bermasalah dengan tingkat …

3 jam ago

Gus Nadir Bongkar ‘Jaringan’ Yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel | Mio Kitchen

DEMOCRAZY.ID - Intelektual Nahdlatul Ulama (NU), Prof KH Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus…

3 jam ago

‘Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?’ | Mio Kitchen

'Kunjungan 5 Intelektual Muda Nahdliyin ke Presiden Israel, Bagian Strategi Hasbara?'Kunjungan sejumlah cendekiawan Nahdliyin ke…

3 jam ago